Beranda Info Pengertian : Kriptografi Simetris

Pengertian : Kriptografi Simetris

274
0
BERBAGI
Kriptografi Simetris
Pengertian Kriptografi Simetris

Kriptografi simetris adalah di mana kita memiliki kunci yang sama pada pengirim dan penerima. Ini mungkin adalah bentuk paling umum dari kriptografi. Anda memiliki password atau kunci yang mengenkripsi pesan dan saya memiliki password yang sama untuk mendekripsi pesan. Orang lain tidak dapat membaca pesan atau data kami.

Kriptografi simetris sangat cepat, sehingga sangat cocok untuk penyimpanan massal atau aplikasi streaming. Kelemahan kriptografi simetris adalah apa yang disebut pertukaran kunci. Jika kedua ujung membutuhkan kunci yang sama, mereka harus menggunakan saluran ketiga untuk bertukar kunci dan di sanalah letak kelemahan.

Jika ada dua orang yang ingin mengenkripsi komunikasi mereka dan mereka 12.000 mil terpisah, bagaimana mereka saling bertukar kunci? Pertukaran kunci ini kemudian penuh dengan semua masalah kerahasiaan media yang mereka pilih, apakah itu telepon, surat, email, face-to-face, dll pertukaran kunci dapat dicegat dan membuat kerahasiaan enkripsi diperdebatkan.

 

Kriptografi Simetris
Proses Kriptografi Simetris

Beberapa algoritma simetris umum yang Anda harus akrab dengan adalah:

1. DES (Data Encryption Standard)
Adalah sebuah algoritma enkripsi sandi blok kunci simetrik dengan ukuran blok 64-bit dan ukuran kunci 56-bit.DES untuk saat ini sudah dianggap tidak aman lagi. Penyebab utamanya adalah ukuran kuncinya yang sangat pendek (56-bit). Sejak beberapa tahun yang lalu DES telah digantikan oleh Advanced Encryption Standard (AES).

2. Triple DES
Adalah salah satu sistem enkripsi berlapis tiga dari sistem yang sebelumnya sudah ada, yaitu DES (Data Encryption Standard). Triple DES lebih aman dari DES, karena mengalami enkripsi tiga kali.

3. AES (Advanced Encryption Standard)
Bukanlah algoritma enkripsi melainkan standar yang dikembangkan oleh NIST. Saat ini, itu dianggap enkripsi terkuat, menggunakan 128, 196-, atau 256-bit kunci dan ditempati oleh algoritma Rijndael sejak tahun 2001. Digunakan di WPA2, SSL / TLS, dan banyak protokol lain di mana kerahasiaan dan kecepatan adalah penting .

4. RC4
Ini adalah streaming (mengenkripsi setiap bit atau byte daripada blok informasi) cipher dan dikembangkan oleh Ronald Rivest dari RSA digunakan di VoIP dan WEP .

5. Blowfis
Yang pertama dari Bruce Schneier algoritma enkripsi ‘s. Ini menggunakan panjang kunci variabel dan sangat aman. Hal ini tidak dipatenkan, sehingga siapapun dapat menggunakannya tanpa izin.

6. Twofish
Sebuah versi lebih kuat dari Blowfish menggunakan kunci 128 atau 256-bit dan pesaing yang kuat untuk AES. Digunakan di Cryptcat dan OpenPGP, antara tempat-tempat lain. Hal ini juga berada dalam domain publik tanpa hak paten.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here